Keguguran Bukan Akhir Dari Segalanya

Pengalaman Keguguran (Abortus) Tanpa Kuret

Agak sedikit dramatis judulnya. Efek keseringan nonton drakor nih mamah KnK. Tapi pengalamannya lebih dramatis dari drama. Semoga tidak mengalaminya lagi. Sebelum aku cerita tetang pengalamanku saat keguguran. Aku mau menjelaskan dulu sedikit tentang keguguran atau dalam bahasa medisnya Abortus.

Keguguran (Abortus)

Keguguran (Abortus) adalah berakhirnya kehamilan akibat kematian janin dalam kandungan sebelum memiliki kemampuan untuk bertahan hidup diluar kandungan. Biasanya usia kurang dari 20 minggu.

Macam-Macam Abortus

1. Abortus Komplit

Abortus Komplit adalah keluarnya seluruh hasil konsepsi. Maksudnya tidak hanya gumpalan darah yang keluar tetapi juga bakal janin. Untuk abotus ini tidak perlu dilakukan kuret.

2. Abortus Inkomplit

Abortus Inkomplit adalah keluarnya sebagian hasil konsepsi. Artinya masih ada yang tertinggal. Untuk abortus ini kuret dilakukan tergantung pemeriksaan dokter. Apakah hanya sedikit yang tersisa didalam atau banyak. Jika sedikit biasanya dokter hanya memberikan obat.

3. Abortus Imminens

Abortus Imminens adalah keguguran yang masih dalam tahap permulaan. Ditandai dengan keluarnya darah per vagina. Sedangkan pintu rahim masih tertutup dan bakal janin masih dalam keadaan baik. Kehamilan masih mungkin dapat dipertahankan. Dokter biasanya menyarankan untuk bed rest, pemberian obat penguat kehamilan dan obat anti kontraksi jika diperlukan. Serta melakukan pemeriksaan rutin dan USG secara berkala.

4. Abortus Insipiens

Abortus Insipiens adalah keguguran yang sedang berlangsung. Ditandai dengan keluarnya darah per vagina. Pintu rahim mulai membuka sedangkan bakal janin masih didalam rahim dan mulai gugur.

Penyebab Keguguran (Abortus)

  1. Kelainan kromosom yang terjadi saat proses pembuahan. Sehingga menyebabkan embrio mengalami kecacatan atau bakal janin tidak bagus.
  2. Ibu hamil perokok. Mengonsumsi minuman keras atau obat-obatan terlarang selama kehamilan.
  3. Konsumsi kafein yang berlebihan.
  4. Faktor usia. Ibu hamil usia 35 tahun keatas lebih rentan mengalami keguguran.
  5. Kelainan rahim. Adanya penyakit miom atau rahim yang terlalu lemah tidak mampu menahan berat janin.
  6. Adanya infeksi virus TORCH, HIV, Hepatitis dll
Hasil USG dengan diagnosa Abortus Insipiens

Tanda-Tanda Keguguran Yang Aku Alami

Aku mengalami keguguran pada kehamilanku yang pertama. Aku menikah akhir desember 2014. Setelah menikah jarak tiga bulan kemudian aku hamil. Aku coba tes pack hasilnya positif dan hari itu juga aku langsung USG ke dokter SpOG. Usia kehamilanku pada saat itu berdasarkan haid terakhir sekitar 7 minggu. Sedangkan menurut hasil USG 4 minggu.

Keesokan harinya aku mulai merasakan perut terasa mulas dan sakit seperti haid hari pertama. Kemudian disusul keluar flek sedikit demi sedikit. Karena kebetulan aku bidan. Aku melakukan tindakan sesuai pengetahuanku. Aku coba untuk minum obat anti kontraksi dan bed rest. Namun tidak berhasil.

Proses Pengeluaran Hasil Konsepsi

Dihari keempat flek dan darah yang keluar bertambah banyak seperti haid, aku melakukan USG ulang ke dokter SpOG. Dokter melakukan USG transvaginal dan hasil USG menyatakan aku Abortus Insipiens. Hasil konsepsi mulai meluruh dan pintu rahim mulai terbuka. Dokter memberikan obat misoprostol, obat pengurang sakit dan vitamin. Tiga hari yang lalu aku merasa bahagia karena positif hamil. Namun baru tiga hari aku merasakan hamil, aku harus menerima kenyataan bahwa kehamilanku tidak dapat dipertahankan. Sedih rasanya karena ini kehamilan yang pertama.

Setelah dokter mendiagnosa aku keguguran. Aku pulang kerumah. Aku minum obat-obatan yang sudah dokter resepkan. Kurang lebih tiga jam setelah minum obat. Keluarlah gumpalan darah beserta jaringan. rasa mulas yang luar biasa. Karena memang keguguran juga mengalami proses pembukaan tapi tidak sebanyak pada proses persalinan normal. Hanya butuh sebesar untuk keluarnya jaringan hasil konsepsi. Setelah itu darah yang keluar seperti haid tetapi lebih banyak, dan masih ada sisa jaringan kecil-kecil yang ikut keluar.

Aku Alami Anemia

Dua hari kemudian. Aku masih mengalami perdarahan seperti haid. Aku merasa lemas dan tampak pucat. Akhirnya aku putuskan untuk cek kadar hemoglobin dalam darahku. Hasil Hb ku saat itu 10 g/dl.

Sejujurnya aku khawatir kalau masih ada sisa-sisa hasil konsepsi yang belum keluar. Maka keesokan harinya aku melakukan USG ulang. Aku ceritakan semua prosesnya dan hasil laboratorium yang aku jalani. Dokter menyarankan untuk terus minum obat yang telah diresepkan dan menambah dosis vitamin penambah darah.

USG Pasca Keguguran (Post Abortus)

Satu minggu kemudian, aku melakukan USG ulang setelah keguguran. Hasil USG menyatakan bersih dan dokter menyarankan aku untuk melakukan tes Premarital Check Up.

Premarital Check Up

Premarital check up adalah rangkaian pemeriksaan kesehatan yang dilakukan pasangan. Untuk menguji apakah ada penyakit genetik atau infeksi menular. Berguna untuk pencegahan penularan penyakit pada pasangan ke anak kelak.

Harga premarital check up tidak murah menurutku. Harga kisaran Premarital Check Up 4-5 juta. Kebetulan saat itu aku masih ditanggung asuransi dari tempat kerja suami. Asuransi mau mengcover mungkin karena tindakan Premarital check up ini atas indikasi aku pasca keguguran. Mungkin kalau tidak ada indikasi tidak bisa di cover.

Hasil Premarital Check Up

Hasil Premarital Check Up semuanya normal kecuali kadar Hb saja. PR ku cuma satu untuk program hamil selanjutnya. Dokter menyarankan agar aku minum vitamin penambah darah selama 3 bulan. Untuk menaikan Hb ku yang terakhir dari hasil Premarital check up 11 g/dl.

Rincian biaya Premarital Check Up untuk laboratorium belum termasuk obat dan biaya konsultasi dokter total Rp. 4.312.500,-

Jangan tanya berapa banyak komentar orang yang aku hadapi karena masalah keguguran ini. Kebetulan aku punya hewan peliharaan kucing persia anggora. Jadi mereka berpendapat kalau aku terinfeksi toxo. Padahal hasil Premarital Check Up ku untuk Toxoplasma dan Rubella negatif.

Lagipula kucing-kucingku selalu aku vaksin dan rajin grooming. Selain itu ada yang bilang kecapean, salah makan dll. Sebenarnya penyebab kegugurannya bukan karena itu ya. Tapi memang karena bakal janinnya yang tidak bagus.

untuk kenang-kenangan ku. Karena setelah melahirkan anak pertama, aku harus merelakan kucing-kucingku di adopsi orang lain

Hamil Setelah Satu Bulan Pasca Keguguran

Satu bulan kemudian aku haid normal. Bulan berikutnya aku positif hamil lagi. Dan jadilah anakku yang pertama. Semua sudah ada jalannya. Jangan putus asa. Jangan terlalu diambil hati ucapan mereka yang tidak paham masalah kita. Berkonsultasilah dengan orang yang tepat atau dengan mereka yang pernah punya pengalaman sama. Banyak belajar dan cari tau banyak hal dengan cara searching di google. Atau baca blogger orang-orang yang pernah punya pengalaman sama. Semoga cepat hamil ya bunda.๐Ÿ˜Š

46
Leave a Comment

avatar
22 Comment threads
24 Thread replies
0 Followers
 
Most reacted comment
Hottest comment thread
23 Comment authors
fauziahBunda tamaZeni NezzIrra OctavianySiska Dwyta Recent comment authors
  Subscribe  
newest oldest most voted
Notify of
Vita Pusvitasari
Guest

Wah pengalaman adalah guru yang berharga, iya gak usah pedulikan omongan orang lain, intinya mah sudah takdir-Nya. Adikku sendiri mengalami udah sakit hati sakit rahim keguguran anak pertama disalahkan karena capek kerja, lalu stress jadinya karena omongan orang. Hamil kedua gugur lagi disuruh resign, makin capek hati. Akhirnya hamil ketiga bedrest, kadang ijin cuti kerja, abis lahiran eh 3 bulan kemudia hamil lagi, akhirnya kata suaminya ya resign, biar fokus ke anak-anaknya,ujian setiap manusia beda2 ya. Masalah anak mah sama halnya dengan rezeki lainnya baik uang, kesehatan dan keselamatan. Aku hamil 37 tahun, lahiran mau 38 tahun dimana dibilang harus… Read more ยป

sumiyati sapriasih
Guest

iya bener jika dalam keadaan hamil harus jauhkan dari kucing, karena kucing penyebab salah satu dari keguguran atau bisa juga bayi akan cacat karena terkena virus yang ada di kucing.

Evalina
Guest

Sangat takut keguguran, stelah melihat penderitaan ibu karena keguguran, sejak menikah, srlalu berdo’a semoga tidak kegugirN…

Visya
Guest

Alhamdulillah ya mom Allah ganti kembali Yang hilang Dalam waktunya cukup singkat :”” btw Aku baru tau jenis jenis abortus seperti di atas mom, akupun ada ruwayat anemia nih

Ria Andika
Guest

Kadang aku suka gregetan aja sama komentar orang yang suka menyangkut pautkan atau menyalahkan si ibu, disaat kita butuh dukungan dan afirmasi positif malah dijudgemental, Selalu ada hikmah dan rencana indah yang sudah Allah siapkan dibalik ujian yang kita rasakan, tetap semangat

Yeni Sovia
Guest

Pertama baca ini. Wuihhh bahasanya medis euy. Eh ternyata yang nulisnya ibu bidan. Salam kenal Bu. Makasih ya ilmunya. Aku sekarang lagi berharap dikasih amanah lagi anak k 2 ama Allahm doain ya semoga aku lekas hamil lagi

Efa Butar butar
Guest

Terharu bacanya. Temen kuliah dulu juga ada yang keguguran dan aku bisa lihat betapa kesedihan benar-benar ada di matanya. Syukurlah sekarang sudah punya baby yg sehat, lucu dan menggemaskan.

Begitupun ke mba nya, ikut berduka atas keguguran nya dan turut bahagia atas baby pertamanya ya mba. Semoga tumbuh sehat dan menjadi anak yang berbakti pada org tua dan negara. Amin

Keke Naima
Guest

Duh, komen orang-orang memang kadang suka begitu, ya. Suka merasa lebih tau dari apa yang terjadi sebenarnya. Alhamdulillah di kehamilan berjalan lancar hingga melahirkan ya, Mbak ๐Ÿ™‚

Intan Daswan
Guest

Dapat ilmu baru nih dari bu bidan cantik. Makasih ilmunya ๐Ÿ™‚ Oya, kadang suka gagal paham sama orang-orang yang cuman bisa komentar nggak jelas sama apa yang kita alami.

Yanti
Guest

Bu bidan tulisannnya sangat bermanfaat sekali walaupun saya belum pernah keguguran tapi saat membaca tulisan ibu jadi bnyak tahu penyebab keguguran tuh kaya gini jadi bsa lebih waspada saat hamil

Kartika
Guest

Memang kuasa allah ya mba. Rencananya ga ada yang tau..alhamdulilah mba langsung diberi momongan..semoga sehat selalu semuanya..termasuk kucing2 lucunya ๐Ÿ˜˜๐Ÿ˜

Ainhy Edelweiss
Guest

Masya Allah,,, salut sama kk yang punya mental yang kuat, banyak belajar dari sini. Aku jg lg hamil kak, doakan yah mudah2an lancar ๐Ÿ˜Š

lendyagasshi
Guest

Kak, mau nanya doonk…
Kalau anak-anak bermain kucing liar (usia 8 dan 6 tahun), mungkinkan virus tokso terendap dan ada kemungkinan tidak bisa punya keturunan?

Nuhun.

Grandys
Guest

Makasih banyak mba buat sharing story nya, karena aku pun sangat deg-deg an kalo persoalan kehamilan d usia yg setahun pernikahan masih ikhtiar buat dpt momongan

Siti hairul
Guest

Aku bacanya ngilu di awal tapi ikut bahagia pas baca terakhir. Alhamdulillah kehamilan berikut nya sehat dan lahir selamat ya mbak.

Fenni Bungsu
Guest

Kakakku juga pernah keguguran kak, gara-gara nggak tahu kalau lagi hamil banyak jalan. Cuma tetep di kiret. Sebagai adik, .elihatnya jadi ngilu daku.

Faradillah
Guest

Kalo dengerin omongan orang ga ada habisnya, kalo keguguran Allah belum amanah kan ke pasangan makanya Allah blm kasih rezeki

Leyla Hana
Guest

Lebih ngeri keguguran daripada melahirkan ya sepertinya, apalagi anak pertama yang sangat diharapkan. Tapi kalo janin memang bagus sejak awal insya Allah bisa berkembang dgn baik.

Evalina
Guest

Aq selalu nggak tega baca artikel tentangkeguguran,makanya aq bisa jadi dokter ya…

Siska Dwyta
Guest

Pastinya sedih banget ya Mbak, mengalami keguguran apalagi anak pertama. Kakak saya juga waktu itu alami keguguran pas anak pertamanya syukur juga nggak sampai dikuret. Setelah itu agak lama baru bisa hamil lagi. Tapi beberapa teman saya yang pernah mengalami keguguran kondisinya sama seperti mbak. Bisa cepat hamil lagi setelah keguguran.

Irra Octaviany
Guest

Wah mbak, gak nyangka ya kalau keguguran itu seperti itu. Bagi yang hamil anak pertama memang harus cari informasi lebih jauh lagi biar gak keguguran dan anaknya lahir dengan sempurna

Zeni Nezz
Guest
Zeni Nezz

Wah,,, Bu Bidan, Makasih bgt aku jd tau dan tambah ilmu, aku baru saja keguguran jg hamil kedua, sdh 14 hari pasca kuret. udah sekali Check Up di USG sdh bersih. Aku masuk kerja dah 7 Hari, tp dah 3hari perutku sakiit bg sampe ke belakang,, apakah ini karena kecapekan? Krn aku selalu ngeflek darah kalau merasa capek sekali. Hrsnya harini CU, tp karna sakit perut aku pulang kerja langsung pulang.

Bunda tama
Guest
Bunda tama

Hi mb salam kenal, sy juga ngalamin hal yg sama dgn mbak, tp anehny sdh minum misoprostol 3 hr sy tdk mulas hebat, jd baby msh d dlm, mbak dulu minum misoprostolny lgs ditelan kan y atau ada cara lain?