Tips Mempermudah Persalinan Normal

5 Tips Mepermudah Dan Mempercepat Persalinan Normal

Momen Persalinan Normal

Persalinan merupakan momen yang ditunggu para bunda setelah menjalani proses kehamilan selama 9 bulan. Perasaan Khawatir, takut, bahagia semua terasa campur aduk menunggu momen yang satu ini. Perasaan khawatir apakah sanggup melahirkan normal. Apakah sanggup menahan rasa sakitnya. Berapa lama proses yang harus dijalani. Dan masih banyak lagi pertanyaan kekhawatiran yang muncul. Saya juga mengalami hal yang sama bunda. Walaupun saya seorang bidan tapi saya tetap perempuan biasa pada umumnya.

Teori yang saya pelajari dan pengalaman yang saya hadapi sebagai seorang bidan saat menolong persalinan. Sejujurnya tidak membuat saya menjadi lebih tenang menghadapi persalianan saya sendiri. Justru sebaliknya, mungkin karena saya terlalu mengkhawatirkan berbagai macam resiko yang mungkin muncul selama prosesnya.

Mengatasi Kecemasan Dalam Proses Persalinan

Untuk mengatasi kecemasan itu, kita perlu meyakinkan diri kita bahwa kita mampu melaluinya. Kita pasti bisa melakukan proses persalinan ini seperti wanita lainnya yang sudah lebih dulu mengalami proses ini. Karena rasa cemas yang berlebihan justru akan mepersulit proses persalinan kita bunda. Perasaan cemas berlebihan akan menurunkan semangat kita dan mengurangi kekuatan kita saat proses persalinan tiba. Kekuatan, semangat dan kesabaran merupakan kunci keberhasilan bunda melalui proses persalianan

Melakukan Pemerikasaan Antenatal Care (ANC) Secara Teratur

Selama proses kehamilan. Saya rutin melakukan pemeriksaan antenatal care (ANC) ke dokter SpOG (Spesialis Obstetri Ginekologi). Kebetulan dokter SpOG yang saya datangi merupakan salah satu dokter favorit di kota Depok. Walaupun bidan, saya masih butuh dokter SpOG untuk pemeriksaan USG. Masa bidan periksa sendiri, USG sendiri, lahiran sendiri. Tapi ada juga ya beberapa pasien dan orang awam yang tanya. “Kalau bidan berarti bisa lahiran sendiri ya?” tidak bisa ya bunda. Bidan tetep butuh partner.

Kenapa harus USG? Apakah USG aman untuk bayi? Berapa kali USG boleh dilakukan?. Dan siapa saja Dokter SpOG rekomendasi para bunda di sosmed untuk daerah Depok?. Banyak ya pertanyaannya InsyaAllah dijelaskan di catatan selanjutnya ya bun.

Tips-tips Yang Harus Dilakukan Agar Persalinan Menjadi Mudah Dan Lancar

1. Jalan Santai

Manfaat Jalan Santai

Setiap kali saya melakukan pemeriksaan kehamilan. Dokter selalu menyarankan agar saya jalan santai di pagi hari minimal 15 menit. Manfaat jalan santai untuk ibu hamil adalah untuk meperkuat otot-otot betis, paha dan pinggul. Agar mempermudah proses persalinan. Mengurangi waktu proses kontraksi dan memberikan kekuatan bunda saat meneran. Biasanya saya melakukan jalan santai pagi jam 06.30.

Cara Lain Bila Tidak Bisa Jalan Santai Di Pagi Hari

Apabila bunda tidak sempat melakukan jalan santai dipagi hari karena alasan bekerja. Jalan santai bisa dilakukan dimana saja. Saat kehamilan anak pertama, saya masih praktek di salah satu rumah bersalin di kota Depok. Jadwal praktek jaga terkadang membuat saya melewati kegiatan jalan santai ini. Biasanya saya ganti dengan jalan santai di mall. Waktunya bisa kapan saja. Dan biasanya kalau jalan di mall tidak berasa kalau sebenarnya kita sedang jalan santai. Sesekali jalan bareng suami keluar rumah bisa mengurangi stress loh bunda.

Jalan santai juga bisa bunda lakukan ditempat kerja. Tapi bukan jalan yang terlalu cepat dan naik turun tangga ya bunda. Karena untuk urusan naik turun tangga ini bunda yang sedang hamil harus sangat berhati-hati. Karena gerakan naik turun tangga dapat memicu kontraksi rahim. oh iya, saat hamil anak kedua saya melakukan kegiatan jalan santai ini sambil dorong stroller atau sesekali sambil gendong kakak. Karena kebetulan saat hamil anak kedua, anak pertama saya masih bayi. Nah, untuk menggendong saat hamil juga harus hati-hati ya bunda. Karena menggendong juga bisa menyebabkan kontraksi rahim.

Manfaat Sinar Matahari Pagi

Memang sebaiknya jalan santai dilakukan dipagi hari. Karena banyak manfaatnya ya bunda. Sinar matahari pagi sangat baik untuk memenuhi kebutuhan vitamin D. Selain untuk membantu penyerapan kalsium pada tubuh bunda. Vitamin D juga bermanfaat untuk meningkatkan sitem imun bunda. Sedangkan manfaat untuk janin yaitu dapat meningkatkan pertumbuhan tulang dan gigi yang sedang berkembang.

Manfaat lain dari jalan santai dipagi hari yaitu dapat menghilangkan stress dan membuat bunda merasa lebih rileks. Karena biasanya pagi hari udara masih terasa sejuk. Sinar matahari terasa hangat sehingga membangun pikiran yang positif dan menambah semangat bunda.

2. Konsumsi kurma

Buah kurma memiliki banyak manfaat untuk memperlancar proses persalinan. Buah kurma mengandung oksitosin alami yang berguna untuk kontraksi rahim. Sehingga mempercepat pembukaan dan persalinan menjadi lebih lancar. Selain itu buah kurma membuat selaput ketuban lebih kuat. Sehingga mengurangi resiko ketuban pecah dini.

Saya biasanya mengkonsumsi buah kurma 3 butir di pagi hari dan 3 butir dimalam hari. Saat usia kehamilan sudah mencapai 36 minggu. Saya paling suka kurma ajwah karena tekstur dagingnya yang lembut dan rasanya tidak terlalu manis. Saat persalinan anak pertama dan kedua ketuban saya pecah dipembukaan 8. Selang beberapa menit dede bayi lahir.

b821b99b-aed9-4953-9979-4480cf3bfa10-747-0000026edca7d21d-1.jpg

3. Berhubungan seks

Melakukan hubungan seks saat usia kehamilan sudah matang sangat diperlukan untuk mempercepat proses persalinan. Pada saat hubungan seks bunda akan mengeluarkan hormon oksitosin yang dapat memicu kontraksi persalinan. Dan sperma mengandung hormon prostaglandin yang bermanfaat untuk pembukaan pintu rahim. Namun, terkadang diusia kehamilan yang sudah tua membuat kita malas bergerak (mager). Ditambah perut yang semakin membesar. Tetapi, kita perlu mempertimbangkan keuntungan yang kita dapatkan dari berhubungan seks. Komunikasikan kepada suami untuk lebih berperan. Jadi ayo semangat bunda nanti pada saat nifas libur hubungannya lumayan lama loh.

4. Berkomunikasi dengan bayi

Apa bisa ya? Bisa dong bunda. Komunikasi dengan bayi dalam kandungan dipercaya dapat mempererat ikatan ibu dan bayi. Kita bisa minta agar dedek bayi cepat masuk kerongga panggul sehingga mempercepat persalinan. Misalnya : “anak bunda yang cantik dan solehah, cepet turun ya dek, bantu bunda supaya lahirannya cepet. Biar bunda bisa peluk dan cium dedek”. Atau menggunakan kata-kata penuh cinta lainnya.

Metode komunikasi ini sudah saya praktekan. Saat hamil anak pertama di usia 32 minggu. Posisi janin belum benar. Letaknya masih sungsang (kepala diatas bokong dibawah). Selain saya sudah melakukan knee chest position sesering mungkin. Saya juga komunikasi dengan janin didalam perut saya setiap hari. Agar sebelum masuk usia kehamilan matang, posisi janin sudah benar. Dan bisa melakukan persalinan normal. Alhamdulillah berhasil bunda.

5. Berdoa

Setelah kita melakukan usaha diatas. Terakhir kita berdoa dan serahkan semuanya pada sang pemilik hidup. Sesungguhnya Allah lebih tau semua yang terbaik untuk hambanya. Percayalah bahwa apapun yang kita alami. Baik itu proses melahirkan secara normal maupun sesar. Kita tetap ibu yang hebat.

Pengalaman Saya Setelah Mencoba Tips Diatas

Saya sudah mencoba tips diatas. Saya melahirkan anak pertama diusia kehamilan 37 minggu 5 hari. Dan anak kedua diusia 38 minggu. Saya mulai merasakan bahwa kontraksi persalinan sudah tiba saat pembukaan 7 pada kehamilan anak pertama. Dan pembukaan 8 pada kehamilan anak kedua. Proses persalinan keduanya cepat berlangsung 1-1,5 jam. Kontraksi pembukaan 0-7 saya merasakannya seperti kontraksi biasa. Hilang timbul, durasinya sebentar. Perut terasa kencang tapi tidak sakit dan tidak ada rasa mulas. Pasca persalinan juga berjalan normal. Perdarahan normal, kontraksi rahim juga normal.

Sekian tips dari saya. Semoga bermanfaat. Dan semoga bunda yang membaca catatan saya ini diberikan kemudahan dalam proses persalinannya. Aamiin.

Photo_1550672449214-1.png

21
Leave a Comment

avatar
17 Comment threads
4 Thread replies
0 Followers
 
Most reacted comment
Hottest comment thread
18 Comment authors
Irra OctavianyfauziahEva EvaSilviaIrena Faisal Recent comment authors
  Subscribe  
newest oldest most voted
Notify of
Vita Pusvitasari
Guest

Wah bermanfaat sekali bun tipsnya, ntar kupraktekkan kalau hamil dan melahirkan ah 🙂

Okti Li
Guest

Buah kurma ternyata memiliki khasiat yang luar biasa ya. Membantu para ibu dengan maksimal itu

Insyaallah lalu berkesempatan hamil lagi tidak akan menyia-nyiakan buah kurma hehehe…

Selama ini kalau dikasih saudara yg kerja di Arab saya suka cuek saja…

herva yulyanti
Guest

Aku dulu rutin mba lakukan tips itu sampe yang makan kurma gigiku sampe giung dan aku enek hehehhee…Qadarullah anak pertama 30 jam anak kedua sesar huhuhuhu kusedih

Reyne Raea
Guest

Saya dulu udah takut duluan, gara-garanya kata orang sakit banget, akhirnya 2 kali melahirkan sesar, padahal ya sama sakitnya hahaha

Salut deh ama teman-teman yang lahiran baik normal maupun sesar, semua beneran mempertaruhkan nyawa untuk itu

mamaayuutami
Guest

Makasih sharingnya mbak Zia, mau aku share ke kakakku yg akan menjelang persalinan. Bermanfaat sekali ini

Natra Rahmani salim
Guest

Waaah Alhamdulillah sarannya aku ikutin juga pas hamil. Dan memang badan jadi lebih siap kak buat melahirkan.

Fenni Bungsu
Guest

Tips persalinan mudah ini, bikin deg degan daku, haha. Di bookmark dulu yak, biar pas berumah tangga insya allah bisa dipraktekkan

Faradillah
Guest

Berarti bagus yah buah kurma buat memperlancar pas lahiran juga

Nia Haryanto
Guest

Wah, bener banget tuh tipsnya. Alhamdulillah, di 3 kehamilan terakhir, aku lakuin semuanya. Pas yang pertama tuh masih belom tahu. Rada bermasalah jadinya pas lahiran. Dan yang paling kerasa, berdialog sama bayi. Aku selalu ngajak dia untuk bisa ngikut aku. Alhamdulillah, bisa sesuai keinginan.

Rach Bahaweres
Member

Mba, aku juga konsumsi kurma dan memang banayk yang rekomendasikan untuk mempermudah persalinan 🙂

Arda Sitepu
Guest

Senangnya bisa bersalin normal ya mbak. Saya harus menahan sakit sampai beberapa bukaan eh ternyata enggak bisa dipaksakan alhasil caesar. Puji Tuhan sehat sampai sekarang.

Suciarti Wahyuningtyas
Guest

Paling enak sebenarnya ya bisa lahiran secara normal, dulu pengen banget tapi kenyataan berkata lain. Aku dulu memilih secar untuk lahirannya.

Ayun
Guest

Kalo dengar cerita2 persalinan sc kadang ngeri bayangin perut dibelah, belum lagi sakit sesudahnya. Hiks…

Makanya, sejak masih single saya banyak belajar tentang bagaimana persalinan normal, walaupun tetep deg-degan juga, sih. Hehe… Makasih udah berbagi, Mbak.

Irena Faisal
Guest

Tapi sejujurnya bagaimanapun lebih menyenangkan lahiran secara normal drpd SC ya, aku sudah pernah soalnya 2 cara lahiran itu hehehe

Silvia
Guest

Tips nya guna bgt nih buat bu ibu yg sedang menunggu proses persalinan. Kalau aku, baca aj dulu, kali aja nanti guna. Hahahaha

Eva Eva
Member

Walaupun melakukan ke 5 tips diatas, tetap saja aq caesar, karena ringga panggul sempit

Irra Octaviany
Guest

Kayaknya aku keseringan praktek no 3 nih sampai-sampai anak lahir normal cepet banget cuma sejam. Hihi