Menyusui Saat Hamil, Bolehkah?

Pengalaman Menyusui Selama Kehamilan

Kira-kira pertanyaan apa yang pertama kali muncul dipikiran bunda saat membaca judul diatas?. Anak belum genap dua tahun sudah hamil lagi? kebobolan? kesundulan? kejar storan?. Emangnya narik angkot. hehehe

Mungkin ada dari sebagian bunda yang memang punya program anak dengan jarak yang dekat. Misalnya dua tahun. Atau mungkin ada yang punya kasus gagal KB. Atau mungkin ada yang sedang nyoba KB alami. Eh tau tau kebobolan. Wah panik nih, kepikiran anak pertama masih ASI eksklusif. Yah harus berhenti dong? kalau dilanjutkan ASI-nya aman gak ya?. Aduh kasian si kakak harus pakai susu formula dong ya. Pusing dengerin komentar orang kalau ASI ibu hamil itu basi. Nanti anaknya keracunan. Waduh maha benar netizen dengan segala komentarnya. hehehe

Bismillah. Tarik nafas panjang, rileks dan tenangkan pikiran. Yang perlu kita tau bahwa kasus hamil lagi disaat masih menyusui ini bukan hanya saya dan bunda yang mengalaminya. Banyak orang-orang diluar sana yang mungkin punya pengalaman sama. Saya juga pernah punya pasien dengan pengalaman yang sama. Jadi kalau mereka bisa melaluinya. Kita juga pasti bisa.

Hamil Disaat Usia Anak Pertama Lima Bulan

Pertama kali saya sadar kalau saya hamil lagi. Saat usia kakak baru lima bulan. Wow belum nyentuh MPASI sama sekali dong ya?. Iya betul sekali. Waktu itu kakak masih ASI eksklusif dan tidak saya kasih sufor. Karena saat hari pertama kakak lahir. Diruang bayi kakak diberi sufor. Alhasil besoknya timbul ruam merah di seluruh badannya. Ya sudah ada kemungkinan kakak alergi sufor.

KB Yang Digunakan Sebelum Hamil Anak Kedua

Terus saya KB gak waktu itu? saya KB bunda. Saya konsumsi Pil KB menyusui. Tapi kebobolan karena jadwal minum Pil yang berubah-ubah. Kadang saya minum siang. kadang minumnya malam. Seingat saya, saya minum setiap hari. Tapi mungkin ada satu kali absennya. Sensitif sekali memang pil KB ini. Kalau kita sudah memutuskan untuk menggunakan pil KB. Maka kita harus konsisten minumnya. Setiap hari dan dijam yang sama.

Siklus Haid Setelah Post Partum, Sebelum Hamil Anak Kedua

Setelah 60 hari menjalani post partum. Bulan berikutnya saya haid. Saya haid satu bulan dua kali dengan jarak dua minggu sekali. Sama sekali tidak terpikirkan kalau saya hamil lagi. Tidak ada tanda-tanda kehamilan pada umumnya seperti mual dan muntah. Saya mulai sadar dan coba untuk tes pack setelah nafsu makan mulai menurun. Tidak banyak seperti biasanya porsi ibu-ibu menyusui.

USG Untuk Memastikan Usia Kehamilan

Saya melakukan USG untuk memastikan sekaligus mengetahui usia kehamilan. Saya periksa hamil yang kedua ini ke Dokter Valleria, Sp.OG. Beliau praktek di rumah sakit Hasanah Graha Afiah di jalan Raden saleh N0. 42 – sukmajaya, Depok. Kebetulan dokter Valleria Sp.OG ini salah satu dokter yang pro normal. Beliau sama sekali tidak melarang saya untuk menyusi kakak. Selagi tidak ada keluhan atau masalah apapun.

Tetap Memberikan ASI Eksklusif Untuk Anak Pertama

Saya memutuskan untuk terus memberikan ASI kepada kakak. Walau saya tau kemungkinan jumlah ASI akan berkurang seiring berjalannya waktu. Dan bertambahnya usia kehamilan. ASI perlahan akan berubah menjadi kolostrum yang jumlahnya tidak sebanyak ASI normal.

Dokter pun sudah menjelaskan kemungkinan yang terjadi. Kemungkinan si kakak bisa saja berhenti menyusu sendiri karena biasanya ASI yang didapat berkurang jumlahnya. Tapi tekad sudah bulat. Suami mendukung penuh maka pemberian ASI saya lanjutkan. Toh sebentar lagi kan kakak dapat MPASI. Jadi untuk memenuhi nutrisinya bisa dibantu dari MPASI.

Memenuhi Kebutuhan Nutrisi Melalui MPASI

Perkiraan saya benar. Genap diusia enam bulan kakak melahap semua MPASI yang diberikan tanpa pilih-pilih. Semua jenis sayuran dia suka. Protein hewani dan nabati saya berikan. Pemenuhan lemaknya pun saya perhatikan sambil terus memberikan ASI.

Penambahan berat badannya memang tidak signifikan saat dia mendapat ASI full, hal seperti itu wajar saja terjadi, tapi bukan saatnya untuk menyerah ya bunda, kita harus tambah nutrisi di MPASI nya.

Masalah Yang Mungkin Muncul Selama Menyusui Saat Hamil

Menyusui saat hamil memang tidak selalu aman untuk setiap orang. Menyusui saat hamil bisa saja memicu persalinan prematur. Karena hormon oksitosin yang dihasilkan saat menyusui dapat menyebabkan kontraksi kehamilan. Hormon oksitosinnya berasal dari mana?. Dari rangsangan hisapan mulut bayi terhadap puting susu bunda. Sama halnya dengan aktivitas seksual. Maka sebaiknya kita konsultasi dulu dengan Dokter Sp.OG.

Hal-hal Yang Perlu Diperhatikan Sebelum Menyusui Disaat Hamil

Hal-hal yang perlu bunda perhatikan sebelum memutuskan untuk menyusui saat hamil yaitu:

  1. Apabila kehamilan bunda tidak beresiko tinggi, tidak ada riwayat keguguran dan persalinan prematur
  2. Tidak mengalami perdarahan pervaginam selama kehamilan
  3. Bukan kehamilan kembar
  4. Tidak mengalami kontraksi berlebihan sehingga menyebakan nyeri pada rahim

Tips Jika Terjadi Kontraksi

Tips dari saya jika timbul kontraksi saat sedang menyusui. Maka hentikan dan istirahat sejenak. Lalu lanjutkan lagi saat kontraksi sudah mereda. Jangan langsung menarik puting saat bayi sedang menyusu. Gunakan jari bunda untuk mencongkel puting keluar dari mulut. Karena puting ibu hamil lebih sensitif dan mudah lecet.

Memenuhi Kebutuhan Nutrisi Bunda Dan Kedua Buah Hati

Bunda harus memperhatikan kebutuhan nutrisi untuk tiga orang. Untuk si kakak. Untuk adik yang didalam kandungan dan untuk bunda sendiri. Maka bunda harus menjaga pola makan yang sehat. Konsumsi makanan yang sehat. Vitamin dan perbanyak minum air putih.

Menggunakan Pelancar ASI Saat Kehamilan

Konsultasikan dulu dengan Dokter apabila bunda ingin menggunakan obat-obatan pelancar ASI saat hamil. Karena dikhawatirkan obat pelancar ASI yang ingin bunda konsumsi mengandung fenugreek. Apakah fenugreek berbahaya? belum diketahui dengan pasti. Namun, fenugreek dapat menstimulasi kontraksi dan memicu kelahiran prematur,

Tips Menjaga Agar ASI Tidak Kering

Untuk menjaga agar ASI tidak kering. Maka bunda bisa mengkonsumsi makanan pelancar ASI. Seperti daun katuk, buah pepaya, kacang almond, kacang hijau dan sayur bayam. Serta buah-buahan yang mengandung banyak air dan yang paling penting perbanyak konsumsi air putih.

Menyusui saat hamil memang masih terasa tabu di lingkungan masyarakat. Banyak sekali mitos yang beredar. Saya pun merasakannya. Konsultasikan masalah bunda pada bidan atau dokter kandungan. Agar bunda merasa lebih tenang.

PhotoGrid_1554354093059
usia hamil 7 bulan, usia kakak 11 bulan

Selama kehamilan 9 bulan Saya menyusui kakak full. Dan setelah melahirkan adiknya saya melakukan tandem nursing. Cerita tandem nursing akan saya jelaskan di catatan selanjutnya ya bunda. Terima kasih, semoga bermanfaat. ๐Ÿ˜Š

21
Leave a Comment

avatar
18 Comment threads
3 Thread replies
0 Followers
 
Most reacted comment
Hottest comment thread
19 Comment authors
Leyla HanafauziahWiwin | Pratiwanggini.netTika Samsoirlendyagasshi Recent comment authors
  Subscribe  
newest oldest most voted
Notify of
Yeni Sovia
Guest

Halo Bunda, saya suka semangatnya Bunda berusaha memberikan ASI pada anaknya ketika dalam hamil. Saya setuju dengan apa yang bunda tulis di atas, tidak semua ibu hamil aman juga smbil menyusi prlu dikonsultasikan ama dokternya ya. Tulisan yg informatif bun ๐Ÿ‘

artha
Guest

namanya rezeki yah, padahal udah ASI eksklusif loh. dan kamu udah dobel perlindungan dengan konsumsi pil kb. saya hamil lg saat zril usia 14 bulan, tapi setelah sebulan malah keguguran. hiksโ€ฆ sehat2 ya cyin

Eva Eva
Member

Kalau aq malah sudah pasang spiral, tetap kebobolan, jadi hamil anak kedua, amanah dari Allah

Ria Andika
Guest

Aku pernah mencoba tetap menyusui anakku saat lagi hamil anak ketiga, ternyata malah bikin aku ngeflek. Tapi ada juga beberapa ibu yang tetap menyusui kondisi kehamilannya tetap ok. Harus disesuaikan dengan kondisi masing- masing sih ya

Grandys
Guest

wah ternyata pengalaman sedang hamil namun masih menyusui bisa d bagikan secara personal namun tetap mengudaksi kayak gini mba. Semua mama mama d luar sana bisa jadi selingan bacaan nih

Lia Yuliani
Guest

Wah, menjadi ibu memang luar biasa, ya. Ketika anak pertama masih babby, bakal datang kehadiran sang adik. Memang menyusui saat hamil jika tidak ada riwayat kesehatan yang membahayakan sepertinya aman dilakukan, asalkan sang ibu menjaga nutrisinya.

Fenni Bungsu
Guest

Jadi bisa dilihat kondisi si ibunya dulu ya, apakah mampu menyusui ketika hamil atau tidak

Keke Naima
Guest

Pengalamannya sama ma saya. Waktu hamil anak kedua juag tetap menyusui yang pertama. Setelah itu tandem nursing. Alhamdulillah semuanya aman. Paling yang gregetan neneknya anak-anak kalau melihat anak pertama masih menyusui di saat saya hamil atau udah melahirkan hehehe

Siti Hairul
Guest

Aku pernah mbak nursing tandem. Apa hamil sambil menyusui. Tapi memang harus konsultasi ke dokter kandungan

April
Guest

Saya dulu juga menyusui saat anak pertama masih menyusu. Tapi anakku dah dua tahunan sih pas itu jdnya cuma ngempeng2 aja nyusunya. Tapi punya komunitas namanya ibuk2 sundulers yg hampir semua sukses menyusui walau hamil lagi. Pokoknya yang penting konsul dokter dan seandainya emang gak bisa nyusuin si kakak krn kondisi kesehatan ya udah harus ikhlas krn emang itu yg terbaik buat semua.

Irena Faisal
Guest

iiih keren masih menyusui selama kehamilan, ketiga anakku asip cuma sampai 6 bulan mbak sedih deh itu karena asi ku kering udah coba pake asi booster apapun

Visya
Guest

Aku selalu kagum sama moms yg mengandung Di saat anak pertwms belum genap setahun. Pasti strong banget ya mom :โ€™ anw ternyata menyusui saat hamil ga dilarang ya tentu dg kondisi fisik bumil mendukung

Dian
Guest

Keren semangatnyaโ€ฆ

Aku juga pernah mengalami nya mbak, ..

Smg dimudahkan ya mbak

Suciarti Wahyuningtyas
Guest

Ini penting nih untuk ibu yang sedang hamil tapi masih memiliki anak bayi yang masih ASI. Banyak jadi obrolan soalnya dibeberapa group yang aku ikuti.

lendyagasshi
Guest

Saya pun waktu hamil anak kedua sambil menyusui kaka.

Karena beneraanโ€ฆkesundulan, heheheโ€ฆ

Alhamdulillah,

Hamilnya baik-baik saja.

Btw,

Kalau sedang minum pil KB lalu hamil dan gak tau, apa aman-aman saja pil KB nya tetap diminum?

Tika Samsoir
Guest

Bagus banget nih informasinya mba. Jujur saja aku belum pernah mengalami ini. Jadi lumayan buat pembelajaran nantinya.

Wiwin | Pratiwanggini.net
Guest
Wiwin | Pratiwanggini.net

Kebetulan jarak lahir kedua anak saya jauh banget, yaitu 15 tahun, jadi ga mengalami seperti ini. Hanya yang Saya tahu bahwa aman-aman saja hamil sambil menyusui selama ibu dan janin tidak ada masalah.. Jadi penasaran nih nunggu kelanjutannya..

Leyla Hana
Guest

Aku pernah mengalaminya. Tapi anakku jadi berhenti ASI deh karena adeknya udah di perut. Agak nyesel sih, coba masih diterusin ASI nya.