Pasta Gigi Yang Aman Untuk Bayi Dan Balita

Pengalaman Mencari Pasta Gigi Yang Aman Untuk Bayi Dan Balita

Halo bunda. Saya mau berbagi pengalaman dalam mencari pasta gigi yang aman untuk bayi dan balita. Pastinya terbuat dari bahan-bahan alami bukan kimia. Saya ibu rumah tangga dengan dua balita. Anak pertama saya usianya saat ini 3 tahun dan anak kedua saya usianya 2 tahun.

Kapan Gigi Anak Mulai Tumbuh ?

Pada umumnya memang pertumbuhan gigi bayi terjadi di usia enam bulan. Atau mungkin bisa lebih cepat di usia empat bulan. Namun, pertumbuhan gigi diatas 12 bulan juga masih dianggap normal. Jadi, jangan berkecil hati jika anak kita usia satu tahun belum tumbuh gigi.

Kedua anak saya kebetulan tumbuh gigi setelah usianya satu tahun. Satu persatu tumbuh dan pertumbuhannya tidak berurutan. Awalnya tumbuh gigi seri 2 atas dan 3 bawah. Lalu lanjut ke gigi graham atas dan bawah. Setelah itu baru satu persatu tumbuh semua setelah usia 2 tahun. Bahkan saat usianya genap 2 tahun giginya belum lengkap.

Masalah Gigi Yang Sering Terjadi Pada Anak Balita

1. Karies gigi atau gigi berlubang

Karies gigi terjadi karena aktivitas bakteri dan plak. Adanya bakteri di mulut merupakan satu hal yang normal, namun penumpukan bakteri dan sisa-sisa makanan dapat menimbulkan plak. Plak yang bersifat asam akan merusak jaringan keras gigi.

Penyebab karies gigi yang paling umum adalah kebiasaan minum susu dari botol sampai anak tertidur, sehingga gula yang terkandung dalam susu berubah menjadi asam yang merusak gigi.

2. Radang Gusi (Gingvitis)

Radang gusi disebabkan karena kebiasaan anak mengkonsumsi makanan ringan yang dapat merusak gigi seperti permen dan cokelat, sehingga menimbulkan terlalu banyak plak pada gigi.

Kapan Anak Belajar Sikat Gigi ?

Anak mulai diajarkan sikat gigi saat giginya mulai tumbuh. Awalnya mungkin anak akan menolak karena ini merupakan hal baru baginya. Kunci utama kesuksesan menumbuhkan kebiasaan anak mau sikat gigi adalah kesabaran bunda. Sabar, contohkan dan ulangi sampai anak mengerti. Bahwa menyikat gigi adalah rutinitas yang wajib dilakukan.

Apa Pasta Gigi Yang Aman Untuk Balita ?

Saya memilih pasta gigi yang memiliki komposisi berasal dari bahan-bahan alami. Karena anak-anak balita ini masih belajar menyikat gigi. Pastinya saya harus pilih pasta gigi yang aman jika tertelan.

PhotoGrid_1555318754697

Kita paham betul ya bunda. Anak-anak terkadang kalau kita larang, mereka malah penasaran. Kita bisa saja melarang mereka untuk tidak menelan pasta gigi yang sedang mereka gunakan. Tapi kalau kita lengah sedikit. Wah nah loh? pasti mereka telan deh. hehehe

PhotoGrid_1555318687565

Pasta Gigi Dari Buds Organics

Ada banyak merk pasta gigi yang menawarkan komposisi bahan alami. Setelah dipilih-pilih dan mencari tau apa saja kelebihannya. Saya langsung jatuh cinta sama pasta gigi dari Buds Organics. Namanya Buds Children’s toothpaste.

Komposisi Buds Children’s Toothpaste

Buds oralcare organics toothpaste adalah pasta gigi ultra ringan. Yang diformulasikan menggunakan kombinasi pembersih alami. Aloe vera dan silica untuk membersihkan gigi dengan sangat lembut.

Aloe vera juga menenangkan gusi. Dan bekerja secara sinergis dengan asam phytic yang berasal dari biji-bijian. Serta xylitol alami untuk memberikan pertahanan yang kuat terhadap rongga gigi. Buds oralcare organics toothpaste bebas flouride dan aman jika tertelan. Mengandung rasa alami dan essential oil.

Kenapa harus bebas flouride?

Karena penggunaan flouride berlebihan pada anak dapat menyebabkan kerusakan enamel gigi dan menimbulkan bercak cokelat yang sulit dibersihkan.

Biasakan anak menyikat gigi 2 kali sehari pada saat pagi dan sebelum tidur. Selain itu biasanya aku mengingatkan anak-anak untuk sikat gigi setelah mereka makan makanan manis seperti ice cream dan cokelat

Buds Children’s Toothpaste Bersertifikat

Buds oralcare organics toothpaste ini terbuat dari bahan organics berkualitas. Dan telah lulus uji Ecocert Greenlife. Buds oralcare organics memiliki berbagai macam rasa. Seperti rasa strawberry, green apple, peppermint dan blackcurrant.

Selain punya banyak rasa. Buds children’s toothpaste juga preservative free (bebas pengawet). With xylitol (mengandung pemanis alami). Xylitol ini biasanya dijumpai secara alami pada buah dan sayur. So aman ya buat anak kita.

Kedua anak saya saat ini menggunakan Buds Oralcare Organics Toothpaste untuk usia 1-3 tahun dengan rasa green apple. Sebelumnya kami juga pernah mencoba yang rasa strawberry. Rasanya manis dan anak-anak saya suka sekali. Jadi buat mereka rajin sikat gigi. Malah saya yang sering diingatkan oleh mereka.

Cara Menggunakan Buds Children’s Toothpaste

Penggunaannya mudah dan hemat. Pertama bilas sikat gigi yang akan digunakan dengan air matang. Lalu oleskan sedikit saja Buds Oralcare Organics Toothpaste ke sikat gigi. Setalah itu bersihkan gigi secara circular dan menyeluruh hingga gigi bagian dalam. Kemudian bilas atau kumur dengan air matang. Penggunaan air matang bertujuan untuk menjaga apabila anak menelan air saat berkumur.

PhotoGrid_1555265951935

Untuk rasa strawberry dan green apple. Saya lebih suka yang strawberry karena wanginya lebih segar. Tapi anak saya semua rasa mereka suka.

Macam-macam Buds Children’s Toothpaste

Buds oralcare organics toothpaste ini ada tiga jenis

  1. usia 0 – 1 tahun namanya oral gel (no flouride)
  2. usia 1 – 3 tahun children’s toothpaste (no flouride)
  3. usia 3 – 12 tahun children’s toothpaste (with flouride).

Dimana Membeli Produk Asli Buds ?

Saya biasa beli produk buds via Tokopedia. Dengan nama toko Buds Organics Indonesia (menjual produk asli buds). Harga beli saat ini bulan Agustus 2019 sekitar Rp. 149.900,-

Thank you, semoga bermanfaat…

 

42
Leave a Comment

avatar
21 Comment threads
21 Thread replies
0 Followers
 
Most reacted comment
Hottest comment thread
21 Comment authors
fauziahDianFaradillahAntung aprianaWian Recent comment authors
  Subscribe  
newest oldest most voted
Notify of
Adi Kurniawan
Member

strawberry flavor nya lebih seger daripada apple ya

Dian Restu Agustina
Guest

Noted…penggunaan flouride berlebihan pada anak dapat menyebabkan kerusakan enamel gigi dan menimbulkan bercak cokelat yang sulit dibersihkan.
Kepoin Buds kalau gitu..biar gigi anak sehat terawat. Makasih infonya Mom!

ria
Guest

MasyaAllah pinter bgt si kecil gosok giginya pake buds rekomen ya mba

Fenni bungsu
Guest

Alhamdulillah ponakanku waktu waktu diajarkan sikat gigi nggak yang rewel, malah pernah daku iseng padanya sok lupa sikat gigi, eh malah dia yang ingetin, “aunty sikat gigi” hihi

ria
Guest

Buds children’s toothpaste bebas pengawet dan mengandung pemanis alami, Kalau si kecil sikat gigi kadang suka tertelan sama dia. tp ini aman ya buat anak kita.

Nabila Cahya Haqi
Guest

Aku kok malah fokus ke foto-foto dedeknya ya? Bikin gemeesss.. Masyaallah.. Semoga jadi anak sholih, sehat selalu..

Efa Butar butar
Guest

Banyak baca-baca artikel parenting, aku lebih banyak ngeh soal dunia orang tua – anak yang sama sekali kadang belum kepikiran. Hehhehe. Contohnya ini, ya kalau selama ini mah taunya pasta gigi ya sama aja ya untuk semua orang. Ternyata beda ya untuk anak-anak.
Tfs ya Mba

Marantina Napitu
Guest

Minggu lalu waktu ke babyshop ditawarin pasta gigi ini. Tapi karena no flouride justru aku ga ambil. Soalnya beberapa drg yang aku tanya bilang, anak di atas setahun harus sikat gigi dengan odol ber-flouride karena memang butuh. Hanya kadarnya saja yang sedikit sekali, sekecil butir beras, karena ada risiko tertelan..

Tapi memang masih banyak drg yang bilang anak-anak ga boleh dikasih flouride yaa

Keke Naima
Guest

Pasta dan sikat giginya lucu banget. Untuk anak-anak memang harus hati-hati. Tentunya jangan pakai pasta dan sikat gigi orang dewasa

April
Guest

Aloe vera tu banyak banget ya manfaatnya, bahkan bisa buat gigi hehe. Ternyata ada yang buat anak yang lebih gedean ya, di atas 3 tahunan? Yang mulai menyikat giginya pakai fluoride tapi tetep aman. Terima kasih info dan reviewnya mom 😀

Irena Faisal
Guest

anakku dari umur setahun sampai sekarang umur 4 tahun pakai pasta gigi Buds dan masih tetap pakai air matang untuk berkumur 😀

lendyagasshi
Guest

Bagus banget giginya kaka…
Karena sikat giginya pakai Buds Children’s Toothpaste yaa…
Pilihan rasanya ada banyak kah, kak?

Farhati Mardhiyah
Guest

Aku baru tau merek ini kak, kandungan flouride aja buat dewasa sebenernya gak bagus apalagi buat anak yaa, solusinya bisa pakai buds organic aman buat anak

Yayah Rochayah
Guest
Yayah Rochayah

Memang menemukan pasta gigi yang cocok untuk anak itu penting banget ya..karena kalau anak sudah suka pasta giginya, pasti gampang membiasakan dia untuk sikat gigi.

Suciarti Wahyuningtyas
Guest

Waktu anakku mulai menyikat gigi, aku juga mencari pasta gigi anak yang aman untuknya. Semua kandungan yang ada di pasta gigi sampai aku bacain satu persatu dan ngecek dulu di internet. Akhirnya dulu juga pakai produknya Buds ini juga.

Rach Bahaweres
Member
Rach Bahaweres

Asik banget ada pasta gigi yang pas dan sesuai untuk anak anak. Biar mereka makin rajin sikat gigi

andiyani
Guest

pasta gigi yang tepat dengan varian rasa yang banyak bikin aktivitas menggosok gigi jadi lebih menyenangkan buat bayi dan balita

Wian
Guest

Telat tau nih aku. Etapi, ada yang untuk usia 7 tahun ke atas ya… masih bisa deh ni pake untuk krucils di rumah.

Antung apriana
Guest

Kemasannya kayaknya agak besar ya, mbak. Nggak seperti ukuran pasta gigi anak pada umumnya Anakku masih agak susah nih diajak sikat gigi. Dia malah dimainin sikat giginya. Heu

Faradillah
Guest

Kalo pasta gigi biasanya aq kasih yg ada rasa kadang2 ga sengaja suka ketelan sama si abang

Dian
Guest

Baru tahu pasta gigi ini, variannya dibedakan sesuai usia ya..

Jadi pgn nyoba, soalnya si adik kadang2 masih suka nelen pasta giginya..

Harus pilih yg bnr2 aman kan ya