Pengobatan Alami Untuk Atasi Ruam Popok

Pengalaman Mengatasi Ruam Popok Pada Bayi

Halo bunda. Siapa nih yang lagi galau. Bingung, panik ngeliat bokong dede bayi kok tiba-tiba ruam merah dan lecet. Dede bayi jadi rewel. Digendong salah. Disusui sudah kenyang masih gelisah. Tidur engga pules. Ingin nangis rasanya ya bun. Apa udah nangis guling-gulingan? 😊 Jangan gitu dong ya. Karena kita sebagai ibu harus tetap tenang dalam menghadapi situasi apapun. Wonder woman juga kalah bun sama kekuatan dan kehebatan seorang ibu. Thumbs up untuk kita semua.

Jujur saja aku termasuk ibu yang masih bergantung dengan popok bayi (diaper), kebetulan anakku yang pertama dan kedua perbedaan usianya dekat hanya satu tahun, saat kakak masih usia bulanan aku hamil lagi, dan ketika kakaknya usia satu tahun si adik bayi lahir, kalau bisa diceritakan bagaimana repotnya, mungkin panjang banget kali ya, hehehe lebai banget deh mamah KnK ini. Tapi beneran serius repot banget.

photogrid_15558742282932308557612421609983.jpg

Ruam Popok

Sebelum aku cerita bagaimana mengatasi ruam popok. Kita cari tau dulu yuk bunda apa sih ruam popok itu?

Ruam popok adalah peradangan pada kulit bayi di area yang tertutup popok. Dan umumnya terjadi pada bokong. Kulit yang mengalami ruam akan tampak kemerahan. Ruam popok biasanya terjadi karena reaksi kulit setelah terus menerus bersentuhan dengan urine dan tinja.

Faktor Penyebab Timbulnya Ruam Popok

  1. Kulit bayi sensitif terhadap popok yang baru digunakan.
  2. Kulit bayi terlalu lama kontak dengan urin dan feses.
  3. Adanya gesekan dan lecet.
  4. Infeksi bakteri atau jamur karena kulit yang tertutup popok cenderung lembab.
  5. Perubahan struktur dan jenis makanan. Biasanya mempengaruhi struktur fecesnya.
  6. Bayi sedang mengalami diare. Semakin sering frekuensi buang air besar bayi, memudahkan terjadinya ruam.

Cara Mengatasi Ruam Popok 

  1. Cuci bersih tangan bunda sebelum mengganti popok si kecil.
  2. Sering mengganti popok apabila sudah basah atau terkena feces.
  3. Basuh area sekitar yang tertutup popok dengan air bersih, atau dengan tissu basah. Jika tidak ada air, pakailah tissu basah yang non alcohol dan pewangi.
  4. Keringkan area yang sudah dibersihkan hingga benar-benar kering.
  5. Oleskan krim atau salep khusus ruam.

Awal Mula Terjadinya Ruam Popok

Ceritanya aku udah mulai sibuk banget sama urusan ngurus bayi-bayi ini. Karena kebetulan aku engga pakai pengasuh. Awal adaptasi setelah kelahiran adik bisa dibilang aku cuma punya waktu tidur satu hari hanya 4 jam. Apalagi bayi baru lahir itu hobinya dikit-dikit pup ya. Engga tau berapa kali harus ganti popok dalam sehari. Mungkin ada beberapa kali ganti popoknya ditunda-tunda. Alhasil jadilah karya seni nan indah dibokong adik bayi.

Pertama kali sadar kalau adik bayi kena ruam popok ya stress, kasian, dan merasa bersalah pastinya. Bingung mau dikasih salep atau krim atau sabun ya?. Tambah galau kalau misalnya setelah pakai salep atau sabun malah ga cocok atau ruam bertambah parah. Paranoid sekali ternyata aku ya. Kita memang perlu hati-hati untuk menggunakan produk perawatan bayi. Karena kulit bayi masih sangat sensitif.

Buds Organics Baby Bum Balm

Tapi untung banget nih aku punya suami yang mau bantu cari solusi. Disaat aku sedang kebingungan engga bisa mikir apa-apa. Suamiku langsung beliin Buds cherished organics Baby Bum Balm. Suamiku sukanya pilih bahan-bahan organic untuk semua produk perawatan yang dipakai anak-anak. Beda banget sama aku. Kalau aku sih lebih milih produk yang mudah dicari di apotik aja.

Untuk Apa Baby Bum Balm Itu ?

Buds cherished organics Baby Bum Balm bermanfaat untuk menjaga dan melindungi bokong bayi agar tetap lembut. Dilengkapi dengan ORGANIC BEESWAX yang berfungsi untuk menciptakan penghalang antara kulit bayi dan isi popok. Mencegah iritasi dan ketidaknyamanan.

Apa Saja Bahan-Bahan Yang Terkandung Dalam Buds Baby Bum Balm?

photogrid_15558743070508550788097586588018.jpg

Baby Bum Balm juga mengandung SPENT GRAIN WAX yang sangat menenangkan. Dan asam lemak esensial yang kaya INCA INCI. Kandungan minyaknya berasal dari Trio JOJOBA OIL, SUNFLOWER OIL and SHEA BUTTER. Yang berfungsi melembabkan kulit. Sedangkan VITAMIN E memberikan anti-oksidan pada kulit. Perpaduan yang pas bahan-bahan ini disertai dengan ORGANIC TEA TREE OIL. Memberikan perlindungan yang tak tertandingi, menenangkan dan menyembuhkan. Wow keren sekali ya Buds Baby Bum Balm ini.

Bagaimana Cara Menggunakan Buds Baby Bum Balm?

Cara menggunakannya. Oleskan Baby Bum Balm pada bokong bayi yang terkena ruam juga bagian lipatan-lipatan. Gunakan setidaknya empat kali sehari dan aplikasikan secara teratur. Jika ruam pada bayi sudah sembuh, Baby Bum Balm ini boleh digunakan untuk perawatan. Agar kulit bayi tetap lembut selama pemakaian popok.

Setelah aku menggunakan Baby Bum Balm ini, beberapa hari kemudian ruam popok dedek sembuh. Bokongnya kembali mulus. Baby bum balm ini sesekali aku pakai untuk perawatan selama menggunakan popok. Untuk mencegah terjadinya ruam lagi.

Manfaat lain Buds Baby Bum Balm

Selain untuk bayi. Baby Bum Balm juga bisa digunakan untuk bunda. Aku juga pernah menggunakan Buds Baby Bum Balm ini untuk area paha yang lecet. Hanya butuh waktu dua hari lecetnya sembuh. Untuk bunda yang punya pengalaman gemuk sehingga kedua paha sering kali lecet karena gesekan. Atau efek gesekan celana dalam. Bisa nih coba pakai Baby Bum Balm.

Buds Baby Bum Balm Bersertifikat

Buds cherished organics Baby Bum Balm ini terbuat dari bahan organics berkualitas dan telah lulus uji Ecocert Greenlife. So aman sekali ya bunda. Untuk harga beli saat ini bulan April 2019 sekitar Rp. 329.900,-. Hati-hati dengan produk palsu ya bunda. Aku biasanya beli produk Buds Organics di official store Buds via tokopedia. Dengan nama toko Buds Organics Indonesia.

Aku sudah mencoba beberapa produk Buds. Nanti akan aku review satu persatu ya. Selamat mencoba bunda. Semoga ruam popok bayinya cepat sembuh ya. 😊

Β 

36
Leave a Comment

avatar
18 Comment threads
18 Thread replies
0 Followers
 
Most reacted comment
Hottest comment thread
19 Comment authors
fauziahGrandysandiyaniSuciarti WahyuningtyasTika Samosir Recent comment authors
  Subscribe  
newest oldest most voted
Notify of
Adi
Guest
Adi

Buds baby ini punya banyak produk perawatan bayi yang berasal dari bahan organics. Jadi aman ya untuk anak dengan kulit sensitif

Rani
Guest

aku salfok deh sama foto paling atas, mupeng banget euy.

Nabila
Guest

Wah iya.. Produk perawatannya banyak banget bund.. Lengkap. Emanh kalo untuk anak itu harus all out ya. Masyaallah, semoga jerih payahnya bunda dibalas Allah dengan banyak kebaikan. Aamiiiin.

TIAN LUSTIANA
Guest

Ruam popok ini jadi masalah banget yah. Tapi alhamdulillah yah sekarang ada berbagai pengobatan alaminya jadi ga resah lagi kalau bayi ada ruam popok

Intan Daswan
Guest

Emang kalo untuk bayi nggak bisa sembarangan pake produk ya, Mbak.

Arda Sitepu
Guest

Anakku juga suka ruam popok kalau bepergian mbak dan popoknya cukup lama baru diganti. Rekomendasi produk Buds Baby Bum Balm nya bagus mbak. Aku pengen beli buat si kecil.

Reyne Raea
Guest

Anak saya dulu pernah ruam popok berkali-kali, sedih banget deh, bahkan yang awal itu kami nggak tahu karena lagi traveling dan yang cebokin serta mandiin dia si paksu, eh ternyata ruamnya di bagian pantatnya hiks.
Dulu belum tahu produk ini sih πŸ™‚

sumiyati sapriasih
Guest

iya bener biasanya kalau pake pampers suka ada bekas tanda merah di lipatan, dan sekarang sudah ada Baby Bum Balm. jadi aman deh baby dengan mengoleskan bum balm pada kulit yang sensitif

Hairun Nisa
Guest

Noted mbak untuk nanti aku terapkan kalau sudah punya anak. Eh, sister aku juga bentar lagi punya bayi nih. Bisa bantu teorilah keknya aku ini. hehe

Lia Yuliani
Guest

Bud’s Bady Bum Balm, saya baru dengar produk ini. Kandungannya alami, ini saya suka. Memang iya pas bayi, anak saya pernah ngalamin ruam popok. Akhirnya saya pakai popok celana aja sama pakai krim.

lendyagasshi
Guest

Ruam ini benar menyiksa bayi loo..
Bayanginnya aja kalau orang gede yang kena, rasanya perih banget.
Alhamdulillah,
Ketemu produk Organik yang bagus kaya Buds cherished organics Baby Bum Balm.

Visya
Guest

Ah iya beneran ruam popok itu sangat ga nyaman buat bayi, ibunya pun demikian, perasaan cemas dan tentunya lebih mengurus tenaga hehe

Nia Haryanto
Member

Wah iya banget, ruam popok ini mengesalkan. Anakku yang nomor 1, dulu paling sering. Gak tahu obatnya dulu. Alhamdulillah ya sekarang mah ada yang seperti ini. Mengurangi kecemasan para ibu.

April
Guest

Harganya cukup lumayan tapi khasiatnya bagus ya mbak apalagi produknya aman sekali buat baby.
Btw biasanya dulu kalau anakku ruam abis aku pakaiin krim semacam itu aku lepas popoknya sementara biar kulitnya bernafas dulu dari sentuhan ma popok πŸ˜€

Tika Samosir
Guest

Bener banget mba, anak jadi suka rewel kalau sudah iritasi karena ruam popok ya.
Aku save nih informasinya buat anak aku nantinya.

Suciarti Wahyuningtyas
Guest

Anak-anak yang mengenakan popok pasti suka mengalami ruam popok ya mbak, karena aku pun dulu mengalami saat anakku masih bayi. Awalnya bingung ini kenapa sih, terus tanya sama mamahku dan katanya ini ruam popok. Langsung deh aku minta beliin paksu Buds Balm ini.

andiyani
Guest

Jadi inget saat anakku ruam popok yang cukup parah… meski ada obat dari dokter tapi ku tetap nambahin kebiasaan supaya luka ruamnya cepat sembuh

Grandys
Guest

Ruam popok ini bukan karena ketidakcocokan dengan pampers yg d gunakan ya, tapi karena terlalu lama kulit kontak dg urine dan tinja. Nice info mbaa, buat aku nanti saat ada debay jd udah pake Buds aja nih