Dokter SpOG / DSOG Di RS Hasanah Graha Afiah (HGA) Depok

Review 3 Dokter SpOG Di RS Hasanah Graha Afiah (HGA) Depok Yang Pernah Saya Kunjungi

Hallo bunda. Di catatan saya kali ini saya akan bercerita tentang pengalaman saya melakukan pemeriksaan kehamilan di RS Hasanah Graha Afiah (HGA) Depok. Saya punya riwayat tiga kali hamil. Terdiri dari satu kali keguguran dan dua kali melahirkan.

Dokter SpOG di RS Hasanah Graha Afiah (HGA) Depok yang pernah saya kunjungi :

1. Dokter Asmawinta, Sp.OG

Pertama kali setelah saya tes pack positif saya langsung melakukan pemeriksaan kehamilan. Saat itu saya tidak cari tau dulu dokter mana yang menjadi favorit para ibu-ibu. Saya cari yang cepat aja, yang tidak antri. Karena saya datang saat itu ke RS HGA tidak booking terlebih dahulu. Akhirnya saya coba melakukan pemeriksaan kehamilan ke Dokter Asmawinta, Sp.OG.

Saat itu saya di USG. Tapi mungkin karena masih terlalu kecil, Dokter Asmawinta, Sp.OG melakukan USG transvaginal. Tidak sakit sih. Setelah USG selesai Dokter hanya menjelaskan usia kehamilan dan memberikan saya resep vitamin. Menurut saya dokternya baik hanya saja kurang penjelasan. Untungnya saya mampu membaca sedikit hasil USG nya. hehehe

Saya hanya melakukan pemeriksaan satu kali ke beliau. Karena beberapa hari setelah pemeriksaan saya mengalami flek. Tetapi bukan karena setelah di USG tranvaginal. Karena memang saya memasuki fase keguguran. Maka saya putuskan untuk mencoba dokter lain.

Riwayat Pendidikan :

Spesialis Kebidanan Dan Kandungan Fakultas Kedokteran Universitas Andalas.

Jadwal Praktek :

Selasa     : 19.30-21.30

Jum’at    : 19.30-21.30

Sabtu     : 11.00-13.00

2. Dokter Valleria, Sp.OG

Saat mulai keluar flek pada kehamilan pertama. Saya coba melakukan pemeriksaan kehamilan ke Dokter Valleria, Sp.OG. Menurut saya Dokter Valleria, Sp.OG sangat baik. Beliau memang hanya menjelaskan hasil usg pada umumnya yang dapat kita pahami. Misalnya, seperti usia kehamilan, taksiran berat janin (TBJ), dan taksiran persalinan (TP). Tapi beliau akan menjelaskan apa yang kita tanyakan. Apapun yang ingin kita ketahui.

Kehamilan saya yang pertama harus gugur tanpa kuret. Ya alhamdulillah tanpa kuret. Dokter Valleria, Sp.OG hanya memberikan saya obat untuk membersihkannya. Mungkin karena beliau menilai keguguran yang saya alami dapat diatasi tanpa harus kuret. Dan alhamdulillah bersih. Dua bulan kemudian saya hamil lagi.

Dokter Yang Pro Normal Dan Pro ASI

Dokter Valleria, Sp.OG jilbaber yang islami. Beliau sesekali menganjurkan sesuatu yang baik menurut islam. Tapi ini kalau pasiennya muslim ya. Beliau juga pro normal dan pro ASI. Terbukti saat saya hamil anak kedua, usia anak pertama saya masih 5 bulan. Beliau tidak menyarankan saya untuk menghentikan pemberian ASI. Justru sebaliknya, beliau mengizinkan saya untuk terus memberikan ASI. Walaupun saya punya riwayat keguguran. Beliau menilai kehamilan saya insyaAllah baik-baik saja.

Saya bersyukur sekali dapat dukungan dari Dokter Valleria, Sp.OG. Karena bagi saya memberikan ASI disaat hamil bukan hal yang mudah. Banyak tekanan lingkungan yang membuat saya stress. Karena lingkungan saya pun masih menganggapnya tabu. Tapi saya kuat mejalani tandem nursing ini berkat dukungan suami dan dokter yang paham betul kondisi kehamilan saya.

Saya termasuk tipe pasien yang susah minum vitamin. Padahal bidan ya, nakal nih hehehe. Tapi saya tidak pernah memberikan data bahwa saya bidan. Saya ingin dianggap pasien ibu hamil pada umumnya. Saya selalu minta vitamin yang mudah diminum tanpa menggunakan air. Biasanya tablet kunyah. Dokter Valleria, Sp.OG tidak masalah memberikan obat tersebut. Menurutnya konsusmsi makanan yang sehat dan seimbang lebih baik dari vitamin apapun.

Pasien Dokter Valleria, Sp.OG memang sangat banyak. Sebaiknya kita melakukan booking dulu sebelum jadwal pemeriksaan. Nanti pada saat pemeriksaan akan dipanggil sesuai nomor antrian booking.

Sayangnya, saya tidak melahirkan dengan beliau. Karena tempat tinggal saya yang cukup jauh dari RS HGA. Saya melahirkan di rumah bersalin tempat saya bekerja. Tentunya dibantu oleh rekan sejawat saya di kebidanan. Lebih enak kan lahiran sama teman sendiri hehehe.

Riwayat Pendidikan :

Spesialis Kebidanan Dan Kandungan Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia.

Jadwal Praktek :

Senin       : 10.00 – 13.00

Selasa      : 10.00 – 13.00

Rabu        : 10.00 – 13.00

Kamis      : 10.00 – 13.00

3. Dokter Dewi Kooskurniawati, Sp.OG

Pernah sekali saya tidak periksa kehamilan ke Dokter Valleria, Sp.OG karena beliau sedang cuti. Kebetulan memang sudah jadwalnya saya periksa. Akhirnya, saya memilih Dokter Dewi Kooskurniawati, Sp.OG. Sama ya antriannya panjang. Dokter Dewi, Sp.OG juga termasuk salah satu dokter favorit di RS HGA.

Menurut saya Dokter Dewi, Sp.OG ini sangat keibuan. Beliau ramah dan lemah lembut terhadap pasien. Pemeriksaan yang dilakukan sangat detail dan tidak terburu-buru. Lumayan lama menurut saya, karena tidak banyak pertanyaan yang saya ajukan. Tetapi beliau menjelaskan secara terperinci dengan bahasa yang mudah di mengerti pasien. Beliau juga tidak masalah sebenarnya saya itu pasien dokter lain. Beliau tetap melakukan pemeriksaan sama seperti pasiennya sendiri.

Dokter Dewi Kooskurniawati, Sp.OG melakukan usg tidak hanya mengambil data pada umumnya. Beliau juga menjelaskan ciri-ciri bayi down syndrom. Sampai kerambut bayi pun beliau periksa. Kebetulan anak kedua saya rambutnya tipis saat dalam kandungan. Pas keluar juga tipis sih hehehe. Dokter Dewi menerka bahwa saya hobi makan pedes. hahaha kena deh betul betul betul.

Dokter Dewi Kooskurniawati, Sp.OG membebaskan saya untuk kembali kepada Dokter Valleria, Sp.OG. Dan saya akhirnya tetap periksa ke Dokter Valleria, Sp.OG. Karena kebetulan hasil USG Dokter Dewi dan Dokter Valleria berbeda dalam hitungan usia kehamilan. Pada dasarnya memang usia kehamilan setiap USG bisa saja berbeda. Cuma kali ini agak jauh perbedaannya. Lebih baik mengacu pada HPHT (Hari Pertama Haid Terakhir). Tapi harus benar-benar ingat tanggalnya ya, bukan lupa – lupa ingat hehehe.

Riwayat Pendidikan :

Spesialis Kebidanan Dan Kandungan Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia.

Jadwal Praktek :

Senin       : 09.00 – selesai dan 19.00 – 22.00

Selasa      : 09.00 – selesai dan 19.00 – 22.00

Rabu        : 09.00 – selesai dan 19.00 – 22.00

Kamis      : 09.00 – selesai dan 19.00 – 22.00

Jum’at     : 09.00 – selesai dan 19.00 – 22.00

Sabtu      : 09.00 – selesai

Demikianlah Dokter Sp.OG yang pernah saya kunjungi di RS Hasanah Graha Afiah (HGA). Semoga bermanfaat untuk bunda yang sedang mencari – cari rekomendasi dokter Sp.OG di Kota Depok. Menemukan dokter kandungan yang tepat dan sesuai dengan hati kita memang tidak selalu mudah. Semoga bunda mendapatkan dokter yang tepat dan terbaik. Aamiin

Terima Kasih. 😊

Leave a Comment

avatar
  Subscribe  
Notify of