Sholat Jum’at Di Masjid Agung Jawa Tengah

Sholat Jum’at Berjamaah Di Masjid Agung Jawa Tengah (MJAT) Semarang

Siapa yang udah pernah datang berkunjung ke Masjid Agung Jawa Tengah?. Kalau saya dan keluarga baru pertama kali nih karena kami tinggal di Bogor. Alhamdulillah bisa sholat di masjid yang besar banget seperti Masjid Agung Jawa Tengah ini ya.

Kebetulan kami cuma mampir di Semarang selama dua hari. Nah, waktu dua hari ini harus banget dimanfaatkan untuk berkunjung ke tempat wisata ya. Kami tiba di Semarang hari kamis sore. Kami menginap di Hotel Aston Semarang. Kebetulan sore hingga malam Semarang diguyur hujan. Kami tidak bisa mampir ke Simpang Lima. Akhirnya coba cari-cari wisata terdekat dari hotel. Muncul lah Masjid Agung Jawa Tengah (MJAT).

image : mjat.or.id

Lokasi Masjid Agung Jawa Tengah

Jl. Gajah Raya, Sambirejo, Gayamsari, Kota Semarang, Jawa Tengah 501666

Sejarah Masjid Agung Jawa Tengah

Masjid ini mulai dibangun sejak tahun 2001 hingga selesai secara keseluruhan pada tahun 2006. Masjid ini berdiri di atas lahan 10 hektare. Masjid Agung diresmikan oleh Presiden Indonesia Susilo Bambang Yudhoyono pada tanggal 14 November 2006. Masjid ini memiliki kapasitas 6000 orang ditambah 10.000 orang di Serambi Masjid.

mjat dalam edit 3

Anak-Anak Boleh Masuk Kedalam Masjid

Hari kamis kami sholat magrib disana. Hari jum’atnya kami datang lagi untuk sholat jum’at. Saya suka sekali dengan masjid ini. Karena terbuka untuk umum. Anak-anak pun diperbolehkan masuk kedalam masjid. Pegawai masjid juga sangat ramah.

Awalnya saya khawatir kalau anak-anak tidak boleh masuk apalagi hari jum’at. Ternyata dugaan saya salah. Pegawai disana membolehkan saya dan anak-anak ikut masuk kedalam masjid untuk sholat jum’at. Alhamdulillah jadi engga panas-panasan nunggu diluar.

mjat dalam edit

Beberapa masjid tempat wisata. ada yang tidak mengijinkan anak-anak masuk kedalam masjid. Sehingga biasanya ibu-ibu yang bawa anak seperti saya harus sholat di luar masjid.

mjat knk edit 2

Parkir Luas Dan Ada Parkir Basement

Hari kamis hujan deras, alhamdulillah ada parkir basement. kebayang ya repotnya kalau bawa anak kecil dua dan harus parkir di tempat terbuka. Mencari parkiran basement pun kami harus mengelilingi masjid satu kali, dan hampir keluar. πŸ˜… Untungnya dikasih tau sama petugas disana. Ramah dan sangat membatu sekali petugas disana.

Tersedia Tempat Penitipan Sendal

Alas kaki yang kamu gunakan dapat disimpan ditempat yang telah disediakan. Kamu tinggal letakan saja, karena tidak ada petugas yang menjaga. Jangan lupa kalau ada uang lebih masukan ke kotak infaq yang sudah disediakan ya. Tidak juga tidak apa-apa, seikhlasnya saja.

Tempat Wudhu Yang luas Dan Toilet Yang bersih

Masjid ini punya tempat wudhu yang luas dan ramah difabel. Toiletnya juga banyak. Selalu ada petugas yang mebersihkannya jika siang hari.

tempet wudhu edit

 

Keistimewaan Masjid Agung Jawa Tengah

Payung Besar Seperti di Masjid Nabawi

Sayangnya ketika dua kali saya berkunjung kesana. Payung tidak dibuka. Tapi tetap mengagumkan ya.

Lukisan Besar Masjid Agung Jawa Tengah

Prasasti Tasyakur

Prasasti yang dibuat untuk mensyukuri nikmat dari Allah. Sehingga mampu menyelesaikan pembangunan masjid. Dan ucapan terima kasih kepada seluruh pihak yang telah membatu.

Bedug Berukuran Sangat Besar

Bedug Ijo Mangunsari dibuat pada tanggal 20 sya’ban 1424 H. Panjang 310 cm. Garis tengah depan, belakang 186 cm. Garis tengah bagian tengah 220 cm. Keliling depan, belakang 588 cm. Keliling tengah 683 cm. Jumlah paku 156 buah.

Mushaf Akbar

Mushaf akbar berukuran 145 x 95 cm. Lama penulisan 2 tahun 3 bulan. Ditulis oleh Drs. Hayat dari Universitas Sains Alqur’an (Unsiq) Wonosobo Jawa Tengah. Diterima pada tanggal 26 oktober 2005.

Menara Asmaul Husna

Menara dengan ketinggian 99 meter. Saya tidak sempat menikmati keindahan masjid dari atas menara. Karena harus melanjutkan perjalanan menuju Yogyakarta.

image : mjat.or.id

Seneng sekali rasanya bisa mengajak anak-anak ke Masjid Agung Jawa Tengah. Masjid yang sangat ramah anak dan difabel. Anak-anak dapat melihat bedug dan mushaf raksasa. Mengenalkan kepada mereka tempat ibadah. Dan membiasakan mereka bertemu dengan banyak orang.

Terima kasih, semoga bermanfaat. 😊

1
Leave a Comment

avatar
1 Comment threads
0 Thread replies
0 Followers
 
Most reacted comment
Hottest comment thread
1 Comment authors
Amir Recent comment authors
  Subscribe  
newest oldest most voted
Notify of
Amir
Guest

Saya udah beberapa kali kesini. Gede banget mesjidnya