Buds Organics Untuk Eczema, Alergi Dan Beruntusan Pada Bayi & Balita

Halo Bunda. Siapa nih yang masih penasaran sama Eczema? masalah kulit yang lagi viral banget di sosial media. Saya akan coba jelaskan di catatan saya kali ini. Selain itu saya juga akan menjelaskan sedikit tetang alergi dan beruntusan pada bayi & balita. Serta obat alami yang aman untuk diberikan pada bayi & balita, untuk mengatasi masalah kulit tersebut.

Eczema (eksim) / Dermatitis Atopik

Eczema (eksim) / Dermatitis Atopik adalah timbulnya ruam kulit yang memerah, ditandai dengan rasa gatal yang terus menerus. Kulit menjadi kering dan mengelupas. Pada keadaan kronis, kulit cenderung menebal, menggelap, kering dan bersisik.

eksim 2

Penyebab Eczema (eksim) / Dermatitis Atopik

Belum diketahu penyebab pastinya. Namun dihubungkan dengan faktor genetik. Eczema (eksim) / Dermatitis Atopik terjadi pada bayi dan balita dengan riwayat keluarga yang memiliki dermatitis atopik, alergi makanan, asma dan alergi lingkungan. Alergi lingkungan seperti terkena zat pemicu tertentu misalnya alcohol, detergen, pewangi dan antiseptik.

Cara Mencegah Eczema (eksim) / Dermatitis Atopik

Bayi dan balita yang mempunyai riwayat penyakit eczema (eksim) mempunyai kulit yang sangat sensitif. Cenderung kering, mudah gatal dan lebih peka terhadap bahan iritan, pakaian kasar, dan cuaca ekstrim. Oleh karena itu penting sekali untuk menghindari faktor pencetusnya.

  1. Mandi menggunakan sabun dengan pH netral dan mengandung pelembab. Hindari pembersih antibacterial.
  2. Mandi air hangat 1-2 kali sehari dan tidak lebih dari 10 menit.
  3. Menjaga kelembaban kulit dengan mengoleskan krim pelembab setelah mandi.
  4. Pakaian baru sebaiknya dicuci terlebih dahulu sebelum dipakai untuk membersihkan bahan kimia tambahan.
  5. Mencuci pakaian dengan deterjen harus dibilas dengan baik.
  6. Selesai berenang harus segera mandi untuk membilas sisa klorin.
  7. Mandi dua kali sehari dan jangan menggosok terlalu kuat.
  8. Jangan memakai pakaian yang terlalu tebal, ketat atau bersifat mengiritasi seperti wol.
  9. Penting menjaga kebersihan popok bayi.
  10. Hindari makanan yang dicurigai sebagai pemicu.

Alhamdulillah saya belum pernah mengalami masalah kulit tersebut.

Alergi Pada Bayi Dan Balita

Penyebab-Bintik-Merah-Pada-Bayi

Bintik merah pada kulit bayi dan balita sering kali membuat orang tua khawatir. Kulit bayi dan balita memang berbeda dengan kulit orang dewasa. Kulit bayi dan balita masih sangat sensitif. Timbulnya bintik merah dapat membuat bayi dan balita merasa tidak nyaman. Karena dapat menimbulkan rasa gatal yang tak tertahankan.

Bakat alergi merupakan penyebab paling umum munculnya bintik merah. Berdasarkan penelitian, oang tua yang memiliki alergi dapat meningkatkan resiko alergi pada anaknya sekitar 40-60 %. Sedangkan, jika hanya salah satu orang tuanya maka faktor resiko menurun jadi 25-40%.

Cara Mengatasi Alergi

Cara mengatasi alergi yang paling tepat adalah menjauhkan dari faktor pencetus alergi itu sendiri. Baik itu makanan, debu, alkohol, sabun, dan zat lain yang dapat menimbulkan alergi.

Pengalaman Alergi Pada Balita

Suatu hari anak kedua saya mengalami bentol-bentol merah dan banyak pada kedua kakinya. Awalnya saya kira salah makan atau terkena gigitan serangga. Tapi kok gigitan serangganya rame-rame. hehehe. Saya masih belum tau pasti penyebab alergi yang anak saya alami. Saya terus mengingat-ingat makanan apa yang bisa menjadi pemicu alergi yang sedang dia alami. Hanya saja tetep tidak ingat. Pemicu alergi ini memang banyak sekali, bisa dari faktor lingkungan juga.

Bentol-bentol yang muncul sama seperti pada gambar diatas. Tetapi hanya pada bagian kedua kakinya. Setiap hari dia mengeluh gatal dan menggaruk sampai luka. Saya sudah mencoba mengolesi dengan minyak telon untuk mengurangi gatalnya. Dan mandi dengan menggunakan lactacyd baby. Tetapi bentol-bentolnya tidak kunjung sembuh. Akhirnya, saya menggunakan Buds Organics Super Soothing Rescue Kit. Terdiri dari sabun mandi Super Soothing Hydrating Cleanser dan Super Soothing Rescue Lotion.

Hasilnya, dalam beberapa hari bentol-bentol menghilang dari kulitnya.

Keratosis Pilaris (Beruntusan) Pada Bayi Dan Balita

keratosis_pilaris_pada_balita_gejala_penyebab_.width-800

Keratosis pilaris terlihat seperti kumpulan bentol kecil, beruntusan atau keringet buntet yang tidak kunjung hilang. Kulit tampak seperti kulit jeruk atau kulit ayam yang dicabut bulunya. Bila disentuh kulit terasa kasar dan sedikit kering tetapi tidak sakit.

Penyebab Keratosis Pilaris

Keratosis Pilaris terjadi karena adanya penumpukan keratin, yaitu sejenis protein yang melindungi kulit dari infeksi dan zat berbahaya.

Penumpukan keratin membuat folikel rambut tersumbat, Sehingga, rambut yang tumbuh diarea tersebut tidak dapat keluar akhirnya menjadi tonjolan kecil. Sampai saat ini belum diketahui secara pasti penyebab penumpukan keratin. Diduga kuat berkaitan dengan kelainan genetik atau berhubungan dengan kondisi kulit lain seperti dermatitis atopik.

Pengalaman Beruntusan Pada Balita

Suatu hari anak kedua saya mengalami beruntusan pada kulit. Beruntusan timbul pada kedua lengannya. Beruntusan muncul setelah dia berenang di kolam renang umum. Kulitnya seperti kulit jeruk. Teraba kasar, tetapi tidak gatal dan tidak sakit.

Beruntusan yang muncul mungkin reaksi kulit terhadap zat berbahaya yang terdapat di kolam renang. Reaksi kulit timbul karena kulitnya sensitif.

Selama beberapa hari saya mandikan dengan air hangat sambil digosok perlahan diarea beruntusan. Saya mandikan dengan Buds Organics Super Soothing Hydrating Cleanser. Setelah mandi saya oleskan dengan Buds Organics Super Soothing Rescue Lotion.

Hasilnya, setelah beberapa hari beruntusannya hilang.

Buds Organics Super Soothing Rescue Kit

Buds rescue kit terdiri dari sabun mandi Buds organics Super Soothing Hydrating Cleanser dan cream / lotion Buds Organics Super Soothing Rescue Lotion.

rescue kit

1. Buds Organics Super Soothing Hydrating Cleanser

Buds Super Soothing Hydrating Cleanser berfungsi membersihkan kulit luka, iritasi dan eksim dengan lembut. Serta merawat dan melindungi kulit dengan Prebiotik. Gluko-oligosakarida adalah prebiotik yang selektif meningkatkan pertumbuhan bakteri baik pada kulit bayi sekaligus menghambat bakteri merugikan. Dikombinasi dengan Aloe Vera dan Hydrating Fruktan, Mild Sugar dan Asam Amino.

sabun

Cara pemakaian : Tuangkan secukupnya pada telapak tangan kemudian usapkan pada tubuh bayi yang bermasalah secara menyeluruh. Kemudian bilas hingga bersih. Aman digunakan pada bayi baru lahir. Saya menggunakannya seperti sabun mandi biasa. Untuk bagian tubuh yang tidak bermasalah juga aman.

Buds Super Hydrating Cleanser memiliki komposisi berasal dari bahan alami. Dan telah lulus uji Ecocert Greenlife. Jadi aman sekali digunakan untuk bayi dan balita. Juga yang memiliki kulit sensitif.

komposisi hydrating

Harga Buds Super Soothing Hydrating Cleanser 225 ml Rp. 289.900,- (Juni 2019)

Harga Buds Super Soothing Hydrating Cleanser 425 ml Rp. 479.900,- (Juni 2019)

Bunda dapat membeli produk Buds Organics Asli di official store Buds via Tokopedia dengan nama toko Buds Organics Indonesia.

2. Buds Organics Super Soothing Rescue Lotion

Buds Super Soothing Rescue Lotion mengandung Shiso Extract, Aloe Vera, Spent Grain Wax, Prebiotik (gluco-oligosaccaride), Olive Leaf Extract dan Fructan. Serta diperkaya Jojoba, Sunflower, Olive dan Inchi Oils. Diformulasi untuk mengatasi kulit sensitif, iritasi, radang dan eczema pada bayi. Sekaligus dapat melembabkan kulit. Gluco-oligosaccaride adalah prebiotik yang membantu menghambat pertumbuhan bakteri tidak baik.

rescue lotion

Cara pemakaian : Tuangkan secukupnya pada telapak tangan, kemudian usapkan pada kulit bayi yang bermasalah. Pakailah krim ini untuk melindungi kulit bayi. Biarkan krim ini meresap dengan baik pada kulit sebelum menggunakan baju.

Buds Super Soothing Rescue Lotion memiliki komposisi berasal dari bahan alami. Dan telah lulus uji Ecocert Greenlife. Jadi aman sekali digunakan untuk bayi dan balita. Juga orang dewasa yang memiliki kulit sensitif.

komposisi lotion

Harga Buds Super Soothing Rescue Lotion 50ml Rp. 259.900,- (Juni 2019)

Harga Buds Super Soothing Rescue Lotion 150ml Rp. 679.900,- (Juni 2019)

Bunda dapat membeli produk Buds Organics Asli di official store Buds via Tokopedia dengan nama toko Buds Organics Indonesia. Hati-hati dengan produk palsu ya bunda.

Saya sudah pernah mencoba kedua produk diatas. Hasilnya sangat memuaskan. Saya tidak perlu pusing lagi jika timbul masalah-masalah kulit pada bayi dan balita. Karena ada Buds Organics yang 100% bahan alaminya sangat aman untuk kulit bayi dan balita yang sensitif. Terima kasih, semoga bermanfaat. 😊

Sumber informasi dan image : hellosehat.com, idai.or.id, perawatanbayi.com, parenting.orami.co.id

20
Leave a Comment

avatar
19 Comment threads
1 Thread replies
1 Followers
 
Most reacted comment
Hottest comment thread
19 Comment authors
AnitaIrra OctavianyMutiara FhatrinAprilWiam Recent comment authors
  Subscribe  
newest oldest most voted
Notify of
Tetty Hermawati
Guest

anakku banget ini kena dermatitis atopik. Di kepala, pipi, siku kanan kiri, lutut, ya alloh kalau inget pas dia bayi kasian banget. Alergi susu sapi, dan serinh rewel jadinya

Anita
Guest
Anita

Apa sekarang sudah ga kumat lagi bunda atopiknya? Skrng usia brp?, baby aku 4 bln pipinya selalu merah2 kering dan kambuhan, sediihh bgt

ArQnA MeI
Member
ArQnA MeI

Thanks kak, jadi ada referensi buat anak kalo ada masalah kulit..

Tina
Guest

Wah andai aku tau produk ini dulu. Anakku sempet bruntusan waktu bayi. Sembuhnya pakai salep dari dokter. Terima kasih review nya mbak πŸ™‚

Ria Andika
Guest

Udah saatnya nih beralih pake produk yang komposisinya bahan-bahan alami seperti Buds Shooting Organic ini, apalagi anak-anakku alergian, harus extra jeli milih skincare mereka

Reni Dwi Astuti
Guest

Kasihan banget kalau anak bayi yang imut-imut itu mengalami masalah kulit seperti eksim. Pasti dia merasa tidak nyaman dan buntutnya jadi rewel. Buds Organic Super Soothing bisa menjadi solusi untuk masalah kulit pada bayi ya… bisa direkomendasikan pada teman-teman nih yang punya anak bayi

Farhati Mardhiyah
Guest

Ponakanku sering banget wajahnya kering menghitam awalnya merah2, bingung kemarin mau dikasih apa akhirnya dibuatin minyak kelapa, eh ternyata bisa pake buds organic ini ya kak

Fenni Bungsu
Guest

Mandi untuk bayi pun nggak boleh kelamaan ya. Pakai batas maksimal 10 menit biar kulitnya nggak bebuyutan atau ruam merah

Wiwin | pratiwanggini.net
Guest
Wiwin | pratiwanggini.net

Anak saya kulitnya enggak sensitif, tapi kalo pas telat ganti popok trus ada ruam-ruam merah itu.. haduhh.. kasihan melihatnya.. Apalagi melihat kulit bayi yang mengalami dermatitis atopik, aduhh.. ga tega..

Dian Restu Agustina
Guest

Senangnya sudah ada Buds Organics yang 100% bahan alaminya sangat aman untuk kulit bayi dan balita yang sensitif. Tentu bisa bikin hati para Mommy hepiii dan enggak pusing lagi jika ada masalah dengan kulit sensitif ini

Diayu Refina
Guest

Waktu itu aku pernah ikut acara talkshow tentang jenis jenis kulit bayi. Pembahasannya termasuk soal jenis jenis alergi yg penanganannya butuh produk yg beda2. Untungnya sekarang udah ada beragam produk untuk mengatasi alergi kulit bayi ya mba termasuk Buds Lotion ini ya mom

Rach Bahaweres
Member

Kalau kulit bayi yang sensitif kayaknya memang harus pakai yang tepat. Keponakanku soalnya punya kulit sensitif dan dia harus cari produk yang tepat untuknya

Suciarti Wahyuningtyas
Guest

Dulu anakku juga pakai salah satu produk dari Buds, awal beli iseng karena lihat di Kem Chick waktu itu. Eh ternyata malah terus pakai Buds.

Irena Faisal
Guest

Anakku pernah bruntusan juga dan yes pake Buds Organic ini membantu banget

Nia Haryanto
Guest

Wah, aku baru tahu dengan produk ini. Dulu waktu anak-anak masih kecil, sering deh kena gangguan kulit seperti yang disebutkan. Harganya yang lumayan worth it ya sama khasiatnya. Semoga para orang tua yang punya balita tahu dengan produk ini.

lendyagasshi
Guest

Ya Allah…

Sedihnya lihat bayi dengan kulit memerah begitu…pasti gatal dan rewel.

Alhamdulillah ada yang bantu meredakan, Buds Organic.

Wiam
Guest

Duh kasian ya klo baby alergi. Jadi aensitif banget kan kulitnya. Untung ada produk2 dari buds ya mba.

April
Guest

Wah produk baru ya Buds ini? Ada sabun dan krim/ lotion utk melembabkan kulit anak.

Anakku juga termasuk sensitif mbak kulitnya, ada alergi jg, bahkan pernah bisulan yang mengharuskan dioperasi tapi alhamdulillah sih gak jd operasi hiks.

Emang perlu perawatan ekstra buat anak yang yang punya alergi atau kulitnya sensitif.

Mutiara Fhatrin
Guest

Baru tahu saya tentang Buds ini, ternyata manfaatnya banyak banget untuk kulit bayi yang sensitif. Anakku dulu waktu lahir kulitnya sensitif juga, dulu belum tahu ada Buds, jadi sedih waktu inget-inget itu.

Irra Octaviany
Guest

Alhamdulillah anakku gak kena DA, tapi aku kenal beberapa orang tua yang anaknya kena DA. Sedih sebenernya lihat anak kena DA tuh. Terlebih pencetusnya itu suka gak disadari sama orang tua.

Buds organic ini emang bagus banget, dan aku suka rekomendasiin sama temen yang kena DA. Sering baca reviewnya dan memang sebagus itu.